6 Manfaat Menggunakan Aplikasi  Akuntansi

Manusia pada dasarnya ialah makhluk malas yang hendak serba instant. Semakin berkembangnya zaman, teknologi terus merasakan perubahan. Dari yang semula melulu buku, pena dan kalkulator, ketika ini telah dapat dilaksanakan oleh personal computer (PC) atau laptop.

Pengelolaan finansial perusahaan seringkali diurus oleh Manajemen Keuangan dan Manajemen Akuntansi. Namun, seiring dengan pertumbuhan zaman, manajemen finansial yang dahulu melulu mengutamakan kegiatan memperoleh dana dan mengunakannya, ketika ini mengurus pun tentang pengelolaan aktiva nya dengan berkolaborasi dengan manajemen akuntansi.

Berdasarkan keterangan dari Charles T. Homgren (1993), Akuntansi manajemen ialah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi mengenai informasi yang membantu setiap eksekutif untuk mengisi tujuan organisasi.

Akuntansi ialah seni dalam mengukur, komunikasi serta dalam menginterpretasikan keuangan. Berikut perbedaan tugas antara Manajer Akuntan dan Manajer Keuangan.

  1. Manajer Akuntan

Bertugas mengoleksi dan meluangkan data finansial dan berperan dalam menyerahkan perkembangan. Di samping itu, mempunyai pandangan dan pemikiran serta bisa menginterpretasikan data mengenai operasi perusahaan yang lalu, ketika ini dan yang bakal datang.

  1. Manajer Keuangan

Bertugas mengevaluasi laporan dari akuntan, menganalisa estimasi dari pengembalian serta risiko dan pun dapat mengembangkan data ekstra dan menciptakan keputusan terhadap urusan tersebut.

Untuk mempermudah kegiatan Akuntan dan tentunya paling bermanfaat untuk perusahaan, terdapat berbagai aplikasi  aplikasi akuntansi excel yang kegunaannya juga menolong pengelolaan keuagan perusahaan. Teknologi ini pun sangat menolong Anda dalam kompetisi bisnis, dimana masa-masa yang seringkali Anda pakai untuk mengurus pembukuan perusahaan Anda, bisa dihemat dan dipakai untuk menciptakan riset tentang pesaing ataupun prospek pengembangan bisnis kita ke depannya.

Ada tidak sedikit aplikasi  akuntansi yang terdapat di Indonesia yang dapat dipakai oleh orang-orang awam maupun orang yang memahami akuntansi. Biasanya sejumlah perusahaan besar telah mempunyai divisi tersendiri guna mengembangkan aplikasi ini. Tetapi tidak pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang seringkali menggunakan vendor atau pihak ketiga dalam melakukan pembelian aplikasi  akuntansi.

Adapun guna utama dalam pemakaian aplikasi  akuntansi untuk perusahaan berupa Neraca (Balance Sheet), Laba Rugi, Cash Flow serta Laporan Akhir Keuangan.

Berikut tujuh guna lain pemakaian aplikasi  akuntansi.

  1. Bekerja Lebih Cepat

Dengan teknologi yang semakin canggih, kamu hanya perlu waktu sebentar melulu untuk menuntaskan semua kegiatan anda. Misalnya yang mestinya kamu membutuhkan waktu guna menyiapkan kitab atau mengganti kitab untuk pendaftaran keuangan, kini kamu bisa menyelesaikannya dengan memasukkan data transaksi ke dalam

  1. Pembukuan lebih rapi

Aplikasi  akuntansi ini seringkali memanfaatkan konsep modularitas contohnya modul Pembelian (account payable), Penjualan (account receivable), Penggajian dan beda sebagainya.

 

  1. Biaya lebih murah

Dalam satu perusahaan, guna mengelola finansial dengan baik, diperlukan tiga atau lebih orang guna menata keuangan. Namun dengan memakai aplikasi , perusahaan bakal lebih tepat guna dan efektif dalam mengeluarkan ongkos dan tidak membutuhkan tidak sedikit karyawan untuk menciptakan pembukuan keuangan.

  1. Bisnis lebih gampang

Dengan sebuah bisnis, Anda seringkali dihadapkan dengan sekian banyak  masalah contohnya sumberdaya terbatas ataupun kekeliruan dalam mengerjakan pencatatan. Dengan aplikasi akuntansi, urusan tersebut dapat diminimalisir sampai-sampai tidak butuh lagi kekhawatiran adanya kekeliruan data.

  1. Data lebih aman

Penggunaan aplikasi akuntansi pada suatu perusahaan paling menguntungkan dimana data bakal otomatis tersimpan dalam server, tetapi tidak tidak banyak pula perusahaan yang mempunyai server tersendiri sampai-sampai aplikasi  hanya dipakai untuk menata pembukuan saja.

  1. Laporan finansial lebih jelas

Isi laporan finansial sangatlah tidak sedikit dan memerlukan waktu yang lama guna menyusunnya secara manual, mulai dari menciptakan table di Microsoft Excel dan beda sebagainya. Dengan memakai aplikasi  akuntansi, kamu hanya bermukim memasukkan data ke dalam system saja lantas jadilah laporan finansial seperti yang diinginkan.

Aplikasi  akuntansi di Indonesia sangat pelbagai jenisnya. Mulai dari paket standar (biasanya modul yang digunakan modul umum laksana Penjualan, Pembelian dan beda sebagainya. Di samping paket standar pun tersedia paket custom yang bisa dimodifikasi cocok permintaan pasar. Keuantungan paket customize ialah dapat digunakan semuanya tanpa terdapat yang tidak pernah dipakai sehingga pemakai lebih efektif dalam bekerja.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *