Mengenal Sistem Operasi Serta Tugas Dan Fungsinya

Apa yang Dilakukan Sistem Operasi?
Sistem operasi adalah kumpulan inti perangkat lunak pada perangkat yang menyatukan semuanya. Sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras perangkat. Mereka menangani semuanya, mulai dari keyboard dan mouse Anda hingga radio Wi-Fi, perangkat penyimpanan, dan tampilan. istilah lain, sistem operasi bekerja untuk menangani perangkat input dan output. Sistem operasi menggunakan driver perangkat yang dan driver berfungsi untuk menghubungkan antara sofware dan hardware.

Sistem operasi juga mencakup banyak perangkat lunak — hal-hal seperti layanan sistem umum, perpustakaan, dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang dapat digunakan pengembang untuk menulis program yang berjalan pada sistem operasi.

Sistem operasi berada di antara aplikasi yang Anda jalankan dan perangkat keras, menggunakan driver perangkat keras sebagai antarmuka di antara keduanya. Misalnya, ketika suatu aplikasi ingin mencetak sesuatu, ia menyerahkan tugas itu ke sistem operasi. kemudian Sistem operasi mengirimkan instruksi ke printer, menggunakan driver printer untuk mengirim sinyal yang benar. Aplikasi yang mencetak tidak perlu peduli dengan printer apa yang Anda miliki atau mengerti cara kerjanya. OS menangani detail.

OS ini juga menangani multi-tasking, mengalokasikan sumber daya perangkat keras di antara banyak program yang sedang berjalan. Sistem operasi mengontrol proses mana yang berjalan, dan mengalokasikannya di antara CPU yang berbeda jika Anda memiliki komputer dengan banyak CPU atau core, membiarkan beberapa proses berjalan secara paralel. Ini juga mengelola memori internal sistem, mengalokasikan memori antara aplikasi yang sedang berjalan.

Sistem operasi adalah perangkat lunak besar yang menjalankan pertunjukan, dan ini bertanggung jawab atas segalanya. Misalnya, sistem operasi juga mengontrol file dan sumber daya lain yang dapat diakses oleh program ini.

Sebagian besar aplikasi perangkat lunak ditulis untuk sistem operasi, yang memungkinkan sistem operasi melakukan banyak hal. Misalnya, saat Anda menjalankan Minecraft, Anda menjalankannya di sistem operasi. Minecraft tidak harus tahu persis bagaimana masing-masing komponen perangkat keras bekerja. Minecraft menggunakan berbagai fungsi sistem operasi, dan sistem operasi menerjemahkannya menjadi instruksi perangkat keras tingkat rendah. Ini menghemat pengembang Minecraft — dan setiap program lain yang berjalan pada sistem operasi — banyak masalah.

Sistem Operasi Tidak Hanya untuk PC

Ketika kami mengatakan “komputer” menjalankan sistem operasi, kami tidak hanya bermaksud PC desktop tradisional dan laptop. Ponsel cerdas Anda adalah komputer, seperti tablet, TV pintar, konsol game, jam tangan pintar, dan router Wi-Fi. Amazon Echo atau Google Home adalah perangkat komputasi yang menjalankan sistem operasi.

Sistem operasi desktop yang sudah dikenal termasuk Microsoft Windows, Apple macOS, Google Chrome OS, dan Linux. Sistem operasi smartphone yang dominan adalah Apple iOS dan Google Android.

Perangkat lain, seperti router Wi-Fi Anda, dapat menjalankan “sistem operasi tertanam.” Ini adalah sistem operasi khusus dengan fungsi yang lebih sedikit daripada sistem operasi biasa, yang dirancang khusus untuk satu tugas — seperti menjalankan router Wi-Fi, menyediakan GPS navigasi, atau mengoperasikan ATM.

Di mana Sistem Operasi Berakhir dan Program Dimulai?
Sistem operasi juga mencakup perangkat lunak lain, termasuk antarmuka pengguna yang memungkinkan orang berinteraksi dengan perangkat. Ini mungkin antarmuka desktop pada PC, antarmuka layar sentuh pada ponsel, atau antarmuka suara pada perangkat asisten digital.

Sistem operasi adalah perangkat lunak besar yang terbuat dari berbagai aplikasi dan proses. Garis antara apa itu sistem operasi dan apa program kadang-kadang bisa sedikit buram. Tidak ada definisi resmi dan akurat tentang sistem operasi.

Misalnya, pada Windows, aplikasi File Explorer (atau Windows Explorer) adalah bagian penting dari sistem operasi Windows — bahkan menangani menggambar antarmuka desktop Anda — dan aplikasi yang berjalan pada sistem operasi itu.

Inti dari Sistem Operasi adalah Kernel
Pada level rendah, “kernel” adalah program komputer inti di jantung sistem operasi Anda. Program tunggal ini adalah salah satu hal pertama yang dimuat ketika sistem operasi Anda mulai. Ini menangani mengalokasikan memori, mengubah fungsi perangkat lunak menjadi instruksi untuk CPU komputer Anda, dan berurusan dengan input dan output dari perangkat perangkat keras. Kernel umumnya dijalankan di area yang terisolasi untuk mencegahnya dirusak oleh perangkat lunak lain di komputer. Kernel sistem operasi sangat penting tetapi hanya satu bagian dari sistem operasi.

Garis-garis di sini juga bisa sedikit kabur. Sebagai contoh, Linux hanyalah sebuah kernel. Namun, Linux masih sering disebut sistem operasi. Android juga disebut sistem operasi, dan dibangun di sekitar kernel Linux. Distribusi Linux seperti Ubuntu mengambil kernel Linux dan menambahkan perangkat lunak tambahan di sekitarnya. Mereka juga disebut sebagai sistem operasi.

Apa Perbedaan Antara Firmware dan OS?

Banyak perangkat hanya menjalankan “firmware” —sebuah jenis perangkat lunak tingkat rendah yang umumnya diprogram langsung ke dalam memori perangkat perangkat keras. Firmware biasanya hanya sebagian kecil dari perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan hanya dasar-dasar absolut.

Ketika komputer modern melakukan booting, ia memuat firmware UEFI dari motherboard. Firmware adalah perangkat lunak tingkat rendah yang dengan cepat menginisialisasi perangkat keras komputer Anda. Kemudian boot sistem operasi Anda dari solid-state drive atau hard drive komputer Anda. (Solid-state drive atau hard drive tersebut memiliki firmware internal sendiri, yang menangani penyimpanan data pada sektor fisik di dalam drive.)

Garis antara firmware dan sistem operasi bisa menjadi sedikit buram juga. Misalnya, sistem operasi untuk iPhone dan iPad Apple, yang dinamai iOS, sering disebut “firmware.” Sistem operasi PlayStation 4 secara resmi disebut juga firmware.

Ini adalah sistem operasi yang berinteraksi dengan beberapa perangkat perangkat keras, menyediakan layanan untuk program, dan mengalokasikan sumber daya di antara aplikasi. Namun, firmware yang sangat mendasar yang berjalan pada remote control TV, misalnya, biasanya tidak disebut sistem operasi.

Orang biasa tidak perlu mengerti apa itu sistem operasi. Mungkin akan membantu jika Anda mengetahui sistem operasi apa yang harus Anda ketahui perangkat lunak dan perangkat keras yang kompatibel dengan perangkat Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *